RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMPN 6 Yogyakarta
Mata Pelajaran : Fiqh
Pokok Bahasan : Aqiqah dan Qurban
Kelas / Semester : IX / satu
Waktu : 2 x 40 menit
A. Standar Kompetensi.
Memahami hukum Islam tentang penyembelihan hewan
B. Kompetensi Dasar.
1.1.Menjelaskan tatacara penyembelihan hewan
1.2.Menjelaskan ketentuan aqiqah dan qurban
1.3.Memperagakan cara penyembelihan hewan aqiqah dan hewan qurban
C. Indikator Kompetensi.
1. Siswa mampu menjelaskan pengertian pengertian aqiqah dan qurban
2. Siswa mampu menunjukkan dalil tentang aqiqah dan qurban
3. Siswa mampu mengerti tata cara penyembelihan hewan aqiqah dan hewan qurban
4. Siswa mampu memberi contoh hewan aqiqah dan hewan qurban
5. Siswa mampu mengerti hikmah aqiqah dan qurban
D. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran tentang aqiqah dan qurban dengan metode interactive lecturing, resitasi dan Everyone is teacher here diharapkan:
1. Siswa mampu menjelaskan pengertian pengertian aqiqah dan qurban
2. Siswa mampu menunjukkan dalil tentang aqiqah dan qurban
3. Siswa mampu mengerti tata cara penyembelihan hewan aqiqah dan hewan qurban
4. Siswa mampu memberi contoh hewan aqiqah dan hewan qurban
5. Siswa mampu mengerti hikmah aqiqah dan qurban
E. Materi Ajar.
a) Pengertian aqiqah dan qurban
b) Dalil-dalil tentang aqidah dan qurban
1) Aqiqah
2) Qurban (QS. Al-Kautsar: 2)
c) Menjelaskan tata cara penyembelihan hewan
F. Metode Pembelajaran.
1. Interactive Lecturing
2. Resitasi (pemberian tugas)
3. The Power of Two
G. Kegiatan Pembelajaran
No | Kegiatan | Waktu | Metode |
1. 2. 3. | Intro / Pendahuluan
Kegiatan Inti. 1) Eksplorasi a) Siswa mendengarkan pengantar guru b) Siswa menjelaskan materi 2) Elaborasi a) Membagikan selembar kertas kepada setiap peserta didik dan meminta setiap peserta didik untuk menulis sebuah pertanyaan mengenai materi yang sedang dipelajari di dalam kelas atau topik yang akan didiskusikan. b) Kemudian kumpulkan kartu, kocok dan bagikan satu per satu pada setiap peserta didik. Kemudian meminta peserta didik untuk membaca dengan pelan (dalam hati) pertanyaan atau topik pada kartu dan pikirkan satu jawaban c) Panggillah sukarelawan yang akan membaca kartu tersebut dengan keras dan memberi respon. d) Setelah diberi respon, mintalah pada peserta didik yang lain untuk menambahkan apa yang telah disampaikan oleh relawan tesebut. 1) Konfirmasi a) Guru meminta siswa untuk memberikan penjelasan tentang pengertian aqiqah dan qurban secara bahasa dan istilah b) Guru meminta siswa untuk membaca dalil Al-Qur’an/hadist tentang aqiqah dan qurban c) Guru meminta siswa mendemonstrasikan hewan aqiqah dan qurban d) Guru meminta siswa untuk membedakan antara aqiqah dan qurban Penutup. 1) Guru menyampaikan kesimpulan materi pelajaran 2) Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mengamati contoh masyarakat yang melaksanakan aqiqah dan qurban di lingkungan tempat tinggal siswa. | 5 menit 20 menit 25 menit 20 menit 10 menit | Lecturing Interactive Lecturing Interactive Lecturing Resitasi Elisitasi Resitasi Resitasi Resitasi Resitasi Interactive Lecturing Resitasi Resitasi |
| Jumlah | 80 menit | |
H. Penilaian.
§ Jenis : Tes / non tes
§ Bentuk : Uraian/ esai/ obyektif tes
§ Instrumen : Soal/pertanyaannya dan kunci jawabannya
I. Sumber Belajar.
1. Depatemen Agama, Al Qur’an dan Terjamahnya, Departemen Agama, Jakarta.
2. Pedoman Pendidikan Anak Dalam Islam, Pustaka Amanah: Solo
Yogyakarta, 24 Maret 2011
Guru Mata Pelajaran Fiqh
SMPN 6 Yogyakarta
Firstyana Ulya Rahmah S.Pd.I